Thursday 26 November 2009

Ginseng (인삼)


Korea selain dikenal dengan kemajuan teknologinya, juga dikenal dengan julukan Negeri Ginseng. Kata Profesor Korea saya, Yang Seung-Yoon, Ginseng korea berbeda dengan ginseng ginseng di tempat lain. Bahkan Sebenarnya di Indonesia (lebih tepatnya di UGM) pernah mencoba penanaman ginseng. Hasilnya, wow, ginseng yang ditanam di Indonesia selama enam bulan tumbuh sebesar ginseng yang ditanam di Korea selama 6 tahun, lebih besar malah. Besarnya kira-kira se-depa (jarak mulai kepalan tangan hingga siku). Tapi soal khasiat, ukuran tak bisa dibandingkan. Ginseng korea yang ditanam selama 6 tahun dan telah mengalami berbagai perputaran musim tidak dapat ditandingi.
Ginseng Korea telah menjadi objek penelitian para ilmuwan kedokteran di seluruh dunia. Dan dapat diketahui unsure ginseng ini adalah ‘panaxile ginseng meyer’, yaitu ginseng yang paling mujarab daripada ginseng Negara lain. China dan Jepang juga mempunyai ginseng, namun di kitab-kitab kuno Cina sendiri, banyak menyebutkan obat-obatan mujarab yang berkomposisi dari ginseng Korea. Di Orea, ginseng sering digunakan sebagai bahan obat-obatan, bumbu masak makanan istimewa yang dihidangkan di acara acara khusus, makan dan minuman kesehatan dan sebagainya. Pada dasarnya ginseng berguna untuk memperkuat stamina dan daya tahan tubuh. Konon, rasa ginseng dipercaya memberikan kehangatan bila diminum di musim dingin dan memberikan kesejukan bila dinikmati di musim panas. Bau ginseng yang khas membuat teh ginseng atau insam-cha (인삼 차) sudah dikenal di dunia Internasional. Tiap tahunnya, di UGM juga mengadakan Korean day. Dan Insam-Cha adalah salah satu minuman yang paling diminati.
Ginseng yang terdapat di gunung disebut San-Sam (산삼). Ginseng jenis ini tidah ditanam oleh manusia melainkan tersembunyi ratusan tahun di tempat yang tidak terjamah tangan manusia. Khasiatnya, jangan ditanya. Luar biasa mujarabnya, sesuai dengan harganya yang mahal. Hingga saat ini terkadang ginseng ini ditemukan oleh para pencari ginseng. Pencari ginseng biasa disebut Sim-me-ma-ni (심메마니). Biji ginseng tidak sama dengan biji tumbuhan lain. Di korea Biji ginseng baru tumbuh setelah 4 bulan di tanam. Tiga tahun kemudian barulah berbuah dan berbunga. Setelah lima tahun, akan ginseng yang bias anya kita lihat seperti bayi itu, baru bisa dipanen.

0 comments:

Post a Comment