Thursday 26 November 2009

Samsung Cellphone taking charge in Chile market


Mungkin yang anda tahu dua brand telepon seluler KOrea yang terbesar ada dua. Samsung (Kalau di KOrea juga disebut Anycall) dan LG (kalau di Korea lebih populer dengan nama Cyon). Tetapi di korea sendiri, KTF dan SK telecom juga termasuk brand yang populer. Jika anda melihat drama-drama KOrea, rata-rata handphone yang digunakan bertipe clamshell (yang jeplakan bukanya itu), sliding, atau hanya berbentuk candy bar. Yang paling disuka orang Korea adalah tipe clamshell dan sliding. Jangan harap anda menemukan bentuk handphone yang aneh seperti N_Gage classic atau Nokia yang berbentuk daun itu. Walaupun hanya dua model, tapi fitur yang ditawarkan canggih canggih, lucu-lucu, imut-imut dan pastinya stylish. Mulai penambahan LED, Efek shake di Game, Secret light, touch screen hingga yang memiliki Satelit DMB (DMB phone).Yang pasti membuat anda, terutama yang cewek-cewk pada ngebet berat memiliki handphone ini.
DMB phone adalah Handphone yang memudahkan anda untuk menonton TV dari Handphone (mirip dengan HP china yang sekarang sedang booming di Indonesia, bedanya, HP-HP China tersebut bukan DMB phone) sampai sebagai pengganti GPS. Jadi, jangan heran ketika anda memasuki sebuah subway, orang di kanan kiri anda asyik sendiri dengan Handphone.nya dengan moenonton acara TV favoritnya. Hal ini tentu mengingatkan saya saat saya duduk di bangku SMA. Dulu guru SMA saya pernah mengatakan bahwa orang yang hidup di negara maju jarang melamun atau bengong saat di angkutan umum. Minimal, mereka membaca buku atau koran di alat transportasi umum.
DI Indonesia, merek Handphone yang laris manis di pasaran masih dirajai Nokia. Mulai tukang becak sampai pejabat tinggi pasti kenal, dan mungkin memiliki merek handphone ini. Hal ini berbeda dengan dengan nilai yang ada di kelas saya. Saya yang berkuliah di jurusan Korea pun heran dengan fenomena ini. Murid murid di kelas saya, sedang heboh-hebohnya memakai produk handphone korea. Samsung atau LG jadi pilihan mereka.
Baru-baru ini saya membaca artikel bahwa Handphone korea dilabeli dengan handphone smart. Smart dalam hal ini adalah karena kemampuan HP-HP ini yang kompatibel dengan berbagai peralatan elektronik. Seperti salah satu brand elektronik papan atas yang hanya bisa dikoneksikan dengan brand sejenis. MIsalnya anda membeli handphone atau MP3 player yang hanya bisa optimal jika dicolokkan dengan PC atau laptop dengan brand yang sama.
Berbeda dengan brand elektronik korea yang berprinsip bahwa peralatan elektronik seharusnya semakin membuat hidup manusia semakin mudah. Brand Korea pada umumnya tidak rewel untuk disinkronasikan dengan media lain, dengan merek apapun.
Baru baru ini salah satu kantor berita KOrea memberitakan bahwa untuk pertama kalinya merek dagang KOrea menduduki pucak pasar komuniasi di Kawasan Amerika Latin, Chili. Walaupun sepat dua minggu diduduki kembali oleh NOkia, Samsung kembali menduduki ranking pertama pasar komunikasi di negara itu. Badan riset pasar Komunikasi menyebutkan Samsung unggul tipis dengan persentase 33.4% penggunaan, dibandingkan dengan Nokia sebesar 33.4%

0 comments:

Post a Comment