Thursday 26 November 2009

National treasures List of South Korea


National treasure of Korea adalah daftar kekayaan national Korea. Pertama kali diresmikan pada bulan Desember 1962. Kekayaan ini adlah hasil kebudayaan dari zaman nenek moyang Korea. Ada yang berupa artefak, situs situs bersejarah, kesenian, ataupun hal yang memiliki nilai budaya, seni dan historis dari bangsa korea. Pertama kali dicetuskan untuk mengantisipasi bagsa jepang yang dulunya menjajah korea yang ‘hobi’ main comot dan mengambil atau dengan bahasa ringkasnya mengklaim kekayaan bangsa Korea. Hingga saat ini ada 307 buah benda yang sudah dimasukkan dalam daftar national treasure ini. Yang pertama kali dimasukkan dalam daftar adalah Gerbang Namdaemun yang pernah terbakar di zaman peperangan dengan Jepang. Sedangkan the last thing is the rock-carved buddha. berita terbaru, para peneliti di Seoul sedang mencari benda apa lagi yang bisa mereka masukkan dalam daftar panjang ini.
Hal yang menarik, orang-orang korea itu sendiri, dituntut untuk mengetahui dan hafal apa saja yang ada dalam daftar tersebut. Termasuk dengan nomor urutnya. Sering kali di dalam kuis adu kepintaran pertanyaan yang menyinggung urutan kekayaan korea ini dipertanyakan.
Malaysia, yang saat ini sedang gencar-gencarnya mengklaim budaya Indonesia, juga sedang gencar memungut apa saja yang bisa dimasukkan dalam daftar kebudayaan mereka. Bahkan mereka bersiap akan membuat daftar serupa dengan milik korea. Mungkin nantinya akan diberi judul national treasures of Malaysia. Nah, kita sebagai bangsa Indonesia, ada baiknya meniru jutrus jitu korea dalam mempertahankan kebudayaanya dari rampasan Jepang. Jika Korea yang lebih kecil dari Indonesia saja sudah memiliki 307 buah national treasures, bayangkan Indonesia yang memiliki predikat sebagai negara kepulauan terbesar di dunia.

0 comments:

Post a Comment